Selamat Datang di YK MADIRA WEB, Web ini di buat untuk dapat di pergunakan untuk menambah wawasan dan pengenalan terhadap YK MADIRA itu sendiri. web ini dirancang dengan sesederhana mungkin dan hanya untuk selentingan info dan tukar fikiran

Selasa, 23 Maret 2010

KANKER SERVIKS

kali ini saya akan mengajak remaja putri dan para wanita sekalian membahas salah satu penyakit yang paling dominan ditakuti oleh para kaum hawa.
Kanker serviks merupakan penyakit yang paling rentan bahkan paling ditakuti oleh wanita untuk itu ulasan kali ini mengupas masalah Serviks dengan maksud berbagi ilmu dan pengetahuan dan juga sebagai info selentingan agar para kaum hawa tau dan mengerti apa itu "Kanker Serviks".
untuk lebih jelas nya kita harus tau apa sebenarnya Kanker serviks itu; Kanker Serviks biasa disebut Kanker Leher Rahim dimana kanker ini biasa menyerang pada bagian leher rahim;
dimana itu leher rahim? leher rahim adalah bagian rahim yang terletak di bagian bawah, yang membuka ke arah liang vagina. bukan itu saja bahaya dari Kanker ini sendiri adalah kanker berawal dari leher rahim, tapi apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh.
melihat dari ringkasan diatas kita semua sudah tau betapa bahaya penyakit ini, berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. Di Indonesia, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks, dan kira-kira sebanyak 8000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia.
Mengapa kanker ini begitu berbahaya dan kita semua harus tau? karena kanker seviks Sulit sekali dideteksi walaupun kanker ini sudah masuk dalam fase stadium lanjut.

Pepatah mengatakan tak ada asap tanpa adanya api, begitupun kanker serviks ini :
Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Namun, selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.
Untuk menemukan HPV, dokter biasanya mencari displasia atau kutil kelamin dengan menggunakan Tes Pap (Pap smear). Kain penyeka diusap pada daerah yang ingin diperiksa, untuk memungut beberapa sel. Sel ini dilumuri pada kaca dan diperiksa dengan mikroskop. Sel diperiksa untuk kelainan yang mungkin menunjukkan perubahan abnormal pada sel.

Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital. Karenanya, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Sebab, tak hanya menular melalui cairan, virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit.

Bagaimana mengetahuinya?
Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Itu sebabnya, Anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear setiap dua tahun sekali. Gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut. Yaitu, munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding), keputihan yang berlebihan dan tidak normal, perdarahan di luar siklus menstruasi, serta penurunan berat badan drastis. Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung, hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.

maka dari itu periksaan rutin juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya Kanker Serviks, kebersihan pada saat hubungan pun penting jadi bila anda takut maka sesegera mungkin memeriksakan keadaan anda ke rumah sakit atau dokter spesialis terdekat,
Salam Sahabat YK