Selamat Datang di YK MADIRA WEB, Web ini di buat untuk dapat di pergunakan untuk menambah wawasan dan pengenalan terhadap YK MADIRA itu sendiri. web ini dirancang dengan sesederhana mungkin dan hanya untuk selentingan info dan tukar fikiran

Senin, 22 Maret 2010

Kanker Payudara Menyerang Remaja


setiap tahunnya banyak kalangan remaja putri yang rentan akan problem kanker payudara. minimnya pengetahuan dan tatacara bagaimana cara atau analisa - analisa tentang penyakit yang sering rentan terhadap kalangan remaja putri ini sehingga kebanyakan remaja wanita mengetahui ketika timbul gejala atau sudah memasuki fase yang lebih dari sekedar benjolan kecil yang berada disekitar lingkaran payudara tersebut.

Mitos yang mengatakan kalau kanker payudara kerap menyerang perempuan yang sudah berusia di atas 30 tahun, sepertinya terpatahkan. Pasalnya, kini usia penderita kanker payudara semakin bergeser ke perempuan yang berusia muda alias anak baru gede (ABG), untuk itu saya ingin berbagi sedikit tentang selentingan info tentang penyakit ini pada para remaja putri sekalian.

* adapun PENYEBAB KANKER PAYUDARA itu sendiri adalah

  • faktor genetik : dalam hal ini apabila Orang Tua anda (remaja Putri) kemungkinan besar anda juga akan terkena Kanker payudara tapi dalam fase yang sangat kecil kemungkinan tapi apabila dalam garis keturunan keluarga besar orang tua anda ada yang mengidap kanker payudara maka fase yang akan timbul atau fase terjadinya kanker payudara terhadap anda itu sangat dominan

  • faktor umum : dalam hal ini para remaja putri rentan akan bagaimana cara memperindah diri dengan menggunakan berbagai kosmetik bahkan sampai obat - obatan yang memicu kinerja hormon yang berlebih tanpa memikirkan resiko terjadinya penyakit atau efek samping yang akan ditimulkan oleh obat atau kosmetik yang berlebihan tersebut. pelajari terlebih dahulu kosmetik yang akan digunakan untuk menekan resiko terjadinya kanker ataupun penyakit lain yang disebabkan oleh obat - obatan atau kosmetik tersebut.

  • faktor keseharian : dalam hal ini hidup wanita yang memasuki usia menikah atau dewasa (tidak menutup kemungkinan pada usia remaja) ini adalah fase terentan untuk kanker payudara misalnya ; karena sibuk dengan pekerjaan sehingga anda tidak menghiraukan kesehatan bahkan pasangan dalam hidup bisa merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker payudara; contoh lain wanita yang sudah menikah pun rentan dengan kanker payudara ini di sinyalir dapat menimbulkan kanker payudara dikarenakan : 1. menikah diatas 10 tahun tapi belum mempunyai keturunan bisa jadi terkena kanker payudara; 2. pernikahan yang terlambat, sehingga anda melahirkan pada saat usia anda diatas 35 tahun juga merupakan fase rentan terhadap kanker payudara; 3. wanita yang sudah menikah tapi tidak pernah menyusui anaknya itu juga bisa memicu terjadinya kanker payudara.

  • faktor kesehatan : dalam hal ini para remaja putri mengalami berbagai hal - hal yang janggal pada saat pubersitas atau masa peremajaan misalnya pada saat pubersitas kebanyakan para remaja rentan akan stress atau pikiran yang mengganggu (mudah marah² saat menjelang haid pertama) itu juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker payudara; adapun faktor pubersitas yang lain adalah pubersitas yang awal disini di jelaskan bahwa para remaja putri haid pertama tidak boleh dibawah 11 tahun jika memang terjadi pada saat umur tersebut maka kenalilah tanda - tanda kanker payudara karena fase diatas adalah fase rentan terhadap kanker payudara.
untuk memperlengkap presentasi saya berikut saya lampirkan beberapa cara untuk mengetahui apakan anda salah satu dari jutaan wanita didunia yang mengidap kanker payudara.
1. Perhatikan di sekitar lingkar payudara anda dan telusuri sekitar lingkar dengan cara meraba dari atas kebawah berulang dengan posisi jari yang sedikit renggang, apakah merasakan ada benjolan pada payudara anda? lalu lakukan dengan cara mengitari lignkaran payudara anda dengan cara searah jarum jam dengan cara merasakan ada benjolan atau tidak disekitaran payudara anda? dan bila ada itu bisa saja anda terkena kanker payudara atau penyakit lain yang berada di sekitar payudara anda.

2. kenali warna disekitar puting susu dan lingkar payudara anda, apakah ada perubahan warna pada bagian tersebut bila ada perubahan warna bisa jadi anda terkena kanker payudarah atau minimnya terkena alerhi kulit akibat obat atau kosmetik.

3. lihat pada bagian puting susunya apakan terjadi kejanggalan, bila ada maka bisa jadi itu penyebab kanker payudara "bila" keadaan puting berubah bukan pada saat menjelang haid atau menstruasi.

4. Mainkan disekitaran daerah puting susu searah jarum jam, bila ada cairan yang keluar berwarna putih atau bahkan darah itu menjelaskan bahwa anda memang telah mengidap "bila" posisi anda dalam keadaan tidak lagi memberi ASI pada anak anda.

5. lihatlah kedua payudara anda di cermin bila keadaan berubah atau bentuk nya sedikit condong tak oval tau bulat maka bisa juga ada kanker yang merubah bentuk lingkar payudara anda.

catatan : bila anda para Remaja Putri merasakan salah satu atau bahkan semua hal - hal yang tertulis diatas maka jangan berputus asa tapi segeralah berkonsultasi dengan ahlinya atau kerumah sakit terdekat.